4 Cara Efektif untuk Mengurangi Biaya Perekrutan

sumber : pixabay.com

Saat ini, sebagai HRD, anda akan membutuhkan alat bantu untuk mendapatkan kandidat terbaik. Pekerjaan baru juga selalu muncul setiap hari dan menuntut untuk dilakukannya perekrutan. Masalah lain dari perekrutan terletak pada biaya. Perekrutan tanpa bisa dipungkiri dapat membutuhkan biaya yang cukup besar.

Jika anda memiliki anggaran yang terbatas atau ingin mengurangi biaya perekrutan, anda akan membutuhkan alat yang efektif serta terjangkau. Dalam hal ini Anda harus mampu mengetahui cara menghemat anggaran tanpa mengorbankan kualitas kandidat. Berikut ini ada beberapa cara untuk membantu Anda mengurangi biaya perekrutan:

1. Membangun komunitas

Anda bisa membangun komunitas calon kandidat dari perusahaan anda. Buat suatu wadah untuk menjalin hubungan dengan kandidat berkualitas dan memiliki minat terhadap perusahaan Anda. Komunitas akan membantu anda untuk mengisi posisi yang kososng dengan lebih cepat. Disamping itu, hal ini akan meminimalkan biaya yang terkait iklan, serta memangkas waktu yang anda perlukan untuk melakukan wawancara pada pelamar yang tidak sesuai. Cara ini tentunya juga menghemat waktu rekrutmen. Anda tidak perlu mencari kandidat karena komunitas akan menyediakan kebutuhan anda terhadap sumber daya manusia. Komunitas ini dapat anda bangun di situs perusahaan, atau minta pencari kerja mengirim lamaran kerja meski belum ada posisi kosong.

2. Libatkan karyawan

Keterlibatan karyawan dapat menjadi alat yang penting untuk menemukan karyawan baru. Ketika karyawan membantu anda dalam menyebarkan informasi lowongan, kemungkinan anda akan menjaring lebih banyak kandidat daripada sumber lain. Bahkan karyawan bisa melakukannya tanpa harus diminta. Ini tentu akan meringankan pekerjaan anda. Rekomendasi dari karyawan juga akan sangat membantu anda dan pencari kerja. Pencari kerja akan mendapatkan informasi positif mengenai perusahaan dan segera menjadi calon kandidat. Sementara anda bisa lebih mudah dalam mengidentifikasi kandidat yang sesuai untuk posisi yang kosong.

Baca Juga 7 Pertanyaan Wawancara untuk Menilai Kecerdasan Emosional

3. Manfaatkan media sosial

Saat ini, media sosial sangat populer digunakan oleh berbagai kalangan. Anda juga dapat memanfaatkan media sosial dalam rekrutmen calon karyawan. Media sosial akan membantu anda untuk terhubung dengan lebih banyak pencari kerja tanpa membutuhkan biaya sama sekali. Anda bisa menggunakan media sosial secara cuma-cuma dalam waktu yang tidak terbatas. Anda bisa memasang iklan lowongan kerja anda di media sosial maupun secara langsung mencari kandidat yang berkualitas di sana. Pertama yang harus anda lakukan adalah selalu memperbaharui profil media sosial anda. Anda bisa berbagi mengenai kisah kerja anda untuk mendorong lebih banyak pencari kerja.

4. Gunakan situs karir perusahaan

Situs karir dapat memberikan informasi mengenai lowongan di perusahaan anda setiap saat. Situs karir memungkinkan anda untuk mendapatkan kandidat yang jauh lebih banyak namun dengan biaya yang terjangkau. Situs karir juga menjadi salah satu sumber internal terbaik yang dapat anda gunakan selama bertahun-tahun. Ini tentu akan menghemat pengeluaran anda untuk melakukan rekrutmen, berbeda dnegan job fair atau pemasangan iklan lowongan kerja. Anda bisa menghemat anggaran tanpa mengorbankan kualitas kandidat dengan cara ini.

Setiap perusahaan memiliki keunikan yang berbeda, maka ketika menguji berbagai cara di atas anda mungkin akan mendapat hasil yang bervariasi. Meski begitu, anda dapat mempelajari salah satu cara tersebut untuk menemukan cara yang paling hemat sekaligus paling efektif. Disamping itu, anda mungkin dapat meminimalkan menggunakan karyawan kontrak atau pengganti sementara karena dapat lebih cepat menemukan kandidat yang sesuai.

 

3,120 thoughts on “4 Cara Efektif untuk Mengurangi Biaya Perekrutan”