4 Cara ini Bisa Anda Gunakan untuk Menghindari Pemilihan Kandidat yang Salah

Sumber : pixabay.com

Mempekerjakan orang yang tepat sangat penting bagi setiap organisasi, terutama jika perusahaan anda dalam skala kecil atau hanya memiliki sedikit karyawan. Mempekerjakan orang yang salah bisa memberikan dampak buruk bagi perusahaan. Anda akan menghabiskan banyak waktu dan uang dan dampaknya bisa terus berlanjut melebihi yang anda perkirakan. Memilih orang yang salah dapat mempengaruhi hal-hal seperti semangat kerja dan produktivitas karyawan. Hal ini dapat berpengaruh pada kinerja tim dan berpotensi mempengaruhi klien atau layanan pelanggan anda.

Anda memang tidak sepenuhnya dapat menghindari pelamar yang salah untuk melamar ke perusahaan anda namun anda dapat mengambil langkah untuk mencegah pemilihan karyawan yang tidak tepat. Inilah empat cara untuk menghindari memilih kandidat yang salah:

  1. Mengenalkan iklim kerja kepada pencari kerja

Sebagian besar pencari kerja melakukan riset online dengan baik sebelum mereka menerapkannya. Tindakan seperti mengunjungi situs perusahaan, melihat melalui akun media sosial atau menonton video rekrutmen biasanya dilakukan oleh pencari kerja. Sebagai atasan, anda bisa menggunakan riset pencari kerja sebagai kesempatan untuk menyaring orang yang tidak selaras. Pertama, tawarkan sumber daya yang mudah ditemukan di web. Berinvestasi di situs karir adalah tempat yang tepat untuk memulainya. Jika anda sudah memulai di situs karir, pastikan anda mengirimkan pesan yang jelas tentang bagaimana rasanya bekerja di organisasi anda. Melakukan hal ini akan membantu kandidat lebih mudah menguraikan apakah peluang yang anda tawarkan tepat untuk mereka.

  1. Ceritakan kisah anda dengan foto dan video

Pencari kerja dan orang pada umumnya menginginkan informasi dengan cepat dan efisien. Itu berarti situs website yang berisi halaman teks tidak bagus untuk mengkomunikasikan peluang anda. Kandidat dapat dengan mudah melompati rincian penting dalam website perusahaan anda. Sebagai gantinya, anda bisa mengandalkan konten visual seperti foto atau video. Potongan-potongan ini biasanya lebih menarik bagi pencari kerja. Mereka menonjol di halaman website dan dapat secara efektif menampilkan etos perusahaan anda. Foto dan video akan menyoroti jenis individu yang bekerja di perusahaan anda dan bagaimana peran prospektif dapat berkontribusi pada gambaran yang lebih besar.

  1. Berikan deskripsi pekerjaan yang jelas

Tips ini mungkin tampak seperti saran yang jelas, tapi anda akan terkejut dengan betapa seringnya pengusaha melewatkan hal ini. Deskripsi pekerjaan yang dibuat dengan baik adalah kesempatan untuk menawarkan pekerjaan kepada kandidat yang tepat. Luangkan waktu untuk meninjau deskripsi pekerjaan sebelum anda mempostingnya secara online. Apakah informasi tersebut bertele-tele atau ringkas? Memperhatikan hal-hal ini bisa membuat perbedaan antara iklan yang buruk dan iklan yang efektif.

Baca juga : Dapatkan Sumber Daya Manusia Terbaik dengan Strategi ini

  1. Secara proaktif mengumpulkan kandidat

Anda tidak hanya dapat mengandalkan pencari kerja untuk menemukan perusahaan anda, anda sendiri yang bisa menemukan mereka. Perekrutan yang proaktif merupakan langkah penting untuk menghindari mempekerjakan kandidat yang salah. Mulailah dengan mengidentifikasi di mana kandidat ideal anda menghabiskan waktu mereka, baik itu grup online, asosiasi profesional atau pun konferensi. Pastikan anda meluangkan waktu di sana untuk mencari kandidat potensial. Ketika anda bertemu seseorang yang anda inginkan untuk bekerja dengan anda suatu hari nanti, simpan informasi mereka. Jika posisi yang tepat untuk mereka telah terbuka maka anda dengan cepat bisa menjangkau kandidat anda.

Anda bisa menghindari membuat keputusan perekrutan yang buruk dengan menerapkan cara ini. Menawarkan iklim kerja dengan jujur, menggunakan konten visual untuk website atau media sosial perusahaan, memberikan deskripsi pekerjaan yang jelas atau mengumpulkan calon kandidat secara proaktif dapat anda mulai sebagai langkah yang benar untuk rekrutmen yang lebih efektif.