Gunakan Cara Sederhana ini untuk Menarik Lebih Banyak pelamar

sumber : pixabay.com

Seringkali kita kesulitan untuk menarik lebih banyak pelamar. Padahal dengan memiliki banyak pelamar, peluang untuk mendapatkan kandidat yang tepat juga semakin besar. Pelamar yang terlalu sedikit dapat beresiko dalam strategi seleksi. Anda bisa tidak menemukan kandidat yang tepat atau mengulang kembali proses rekrutmen. Bukan hanya waktu yang akan menjadi masalah, anda juga perlu mengeluarkan lebih banyak uang.

Sebenarnya, memberikan pengalaman yang positif bagi kandidat dapat meningkatkan keinginan kandidat untuk bekerja di perusahaan anda bahkan mereka akan memberi tahu orang lain tentang organisasi Anda. The CandE Awards melaporkan bahwa 98 persen kandidat yang memiliki pengalaman positif dengan user akan memberi tahu orang lain untuk mengajukan lamaran.

Apakah anda masih bingung akan memulai darimana? Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak pelamar dalam setiap tahap proses rekrutmen dan seleksi:

Selama Pencarian Calon Pekerja:

Pertama, buat lebih responsif

Pencari kerja biasanya mencari lowongan pekerjaan di berbagai perangkat elektronik-termasuk laptop, tablet dan smartphone. Dengan memastikan bahwa website, situs karir, lowongan pekerjaan dan proses aplikasi anda responsif, anda telah membantu pencari kerja melihat lowongan pekerjaan anda dengan mudah. Mereka bisa melihat lowongan dari perusahaan anda melalui berbagai perangkat yang mereka gunakan.

Posting lowongan kerja

Perekrut yang sukses tahu dimana kandidat mereka berada, seperti universitas, asosiasi profesional dan bahkan kedai kopi di dekat perusahaan besar. Saat ini sebagian besar pencari kerja secara online mencari lowongan kerja. Permudah para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan anda dengan memasangnya di berbagai tempat yang relevan secara online. Misalnya, cantumkan lowongan pekerjaan anda di platform media sosial yang paling sering dikunjungi calon kandidat dan juga pasang di situs karir anda.

Update pengalaman yang dibutuhkan

Jika lowongan pekerjaan anda mensyaratkan kelayakan yang ketat, anda harus mempertimbangkan apa yang benar-benar diperlukan dan apa yang bagus untuk dilakukan. Berikan informasi mengenai syarat tersebut kepada pencari kerja. Misalnya, anda mungkin perlu mencantumkan: “Kandidat harus memiliki gelar sarjana di bidang Pemasaran atau bidang terkait, atau 5 tahun berkarir di bidang pemasaran.”

Selama Proses Lamaran:

Terimalah Berbagai Versi dan Jenis File

Berikan pencari kerja beberapa cara berbeda untuk mengirimkan resume mereka sehingga mereka dapat memudahkan mereka. Misalnya, mungkinkan pelamar untuk mengunggah berbagai jenis file resume seperti dokumen dalam bentuk PDF, JPG, dan Microsoft Word atau berikan formulir resume yang dapat diisi dengan cepat.

Biarkan Mereka Bergabung dengan Komunitas

Terkadang pencari kerja ingin melamar sebuah posisi di perusahaan anda, namun mereka tidak dapat menemukan posisi yang sesuai dengan keahlian mereka. Anda bisa membantu pencari kerja ini dengan memasukkan mereka dalam komunitas. Dengan cara ini, kandidat dapat melalui proses seleksi jika posisi yang relevan tersedia di masa depan.

Selama Proses Wawancara:

Anda tidak perlu memodifikasi seluruh proses wawancara Anda untuk setiap pelamar, namun anda perlu mengingat bahwa kandidat terbaik sudah memiliki beberapa pilihan pekerjaan dari atasan lain. Mayoritas kandidat untuk posisi yang sulit diisi dapat dipekerjakan dengan baik, jadi pertimbangkan fleksibilitas yang Anda dalam proses wawancara. Jika Anda bisa fleksibel, anda mendorong keterlibatan mereka sehingga mereka tertarik dengan perusahaan Anda. Saat Anda menjadwalkan wawancara, biarkan kandidat memilih beberapa slot waktu untuk penjadwalan wawancara.

Baca Juga 6 Cara Mencegah dan Mengatasi Burnout Karyawan

Memberikan kenyamanan bagi kandidat akan meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan lebih banyak pelamar. Setiap pencari kerja, memiliki karakteristik yang berbeda. Jadi jangan biarkan proses perekrutan memperlakukan mereka semua dengan sama. Menawarkan lebih banyak pilihan di setiap langkah proses, akan mengembangkan keinginan yang lebih kuat untuk bekerja pada perusahaan anda.

Tagged with:

3,187 thoughts on “Gunakan Cara Sederhana ini untuk Menarik Lebih Banyak pelamar”