Ingin Melihat Motivational Fit Pelamar, Coba Ajukan Pertanyaan ini!

sumber : pixabay.com

Kesesuaian motivasi antara pelamar dan perusahaan adalah bagian penting dari setiap proses wawancara. Tanpa mengajukan pertanyaan seputar motivational fit atau kesesuaian kerja, Anda bisa kehilangan beberapa informasi penting tentang keinginan serta ketidaksukaan kandidat dari tempat kerja. Bagaimanapun, penelitian telah menunjukkan bahwa motivational fit adalah prediktor tunggal untuk absensi serta kepuasan karyawan secara keseluruhan.

Berikut ini adalah 5 pertanyaan yang dapat Anda gunakan selama wawancara untuk menilai motivasional fit kandidat Anda.

Pertanyaan seputar tugas yang diinginkan kandidat.

Anda bisa mengajukan pertanyaan seperti :Apa pekerjaan terbaik yang pernah Anda miliki? Apa tanggung jawab anda Mengapa Anda menganggapnya sebagai pekerjaan terbaik Anda? Apakah ada sesuatu yang tidak Anda sukai?

Anda harus mencari kesamaan antara pekerjaan yang disukai oleh kandidat dan pekerjaan yang sedang anda tawarkan. Jika aspek pekerjaan yang mereka senangi serupa dengan pekerjaan yang Anda tawarkan, kemungkinan besar kandidat akan sesuai dengan posisi tersebut dan menjadi karyawan yang bahagia dan produktif. Penyesuaian hal-hal yang disukai dan tidak disukai oleh kandidat suka dengan posisi yang tersedia sangat penting dalam mengukur Motivational Fit.

Pertanyaan mengenai posisi

Ajukan beberapa pertanyaan seperti: Ceritakan tentang pekerjaan yang paling Anda sukai? Apa tanggung jawab anda Apa yang tidak kamu sukai? Apakah ada sesuatu yang Anda sukai dari posisi ini?

Pertanyaan ini serupa dengan pertanyaan sebelumnya namun lebih kearah ke pertanyaan tentang posisi yang paling tidak mereka sukai. Pertanyaan ini akan membantu Anda mengumpulkan informasi tentang posisi atau jabatan yang mungkin tidak disukai kandidat. Mengajukan pertanyaan yang meminta tanggapan negatif terkadang menjadi suatu tantangan tersendiri. Meski begitu, pertanyaan yang hanya menanyakan tentang peran atau posisi yang mereka inginkan biasanya tidak selalu dianggap negatif.

Pertanyaan seputar lingkungan kerja

Anda bisa mengajukan pertanyaan seperti : Apa jenis lingkungan kerja yang paling sesuai bagi Anda? Ceritakan tentang saat Anda bekerja di lingkungan tersebut!

Lingkungan kerja memiliki peranan yang penting terhadap kepuasan kerja dalam berbagai peran. Hal ini terutama mungkin terjadi di lingkungan kerja dimana kandidat diminta mengikuti jadwal yang sangat terstruktur atau bekerja dalam lingkungan yang sangat terjadwal.

Sebagian besar pekerjaan terkait contact center mewajibkan karyawan untuk berbicara di telepon untuk mengetahui waktu per shift tertentu dan mereka memiliki tujuan dan target yang sangat spesifik untuk bertemu. Dalam hal ini, penting bagi kandidat memahami bahwa mereka akan bekerja di lingkungan yang terstruktur dan terpantau untuk menikmati bekerja di contact center. Jika mereka mencari peran dengan lebih banyak kebebasan dalam pekerjaan dan fleksibilitas terkait jadwal mereka, kemungkinan call center tidak akan menjadi pilihan motivasi yang baik bagi mereka.

Pertanyaan seputar sosok pemimpin

Anda bisa menanyakan hal-hal seperti: Jelaskan pengawas ideal Anda? Ceritakan tentang saat Anda bekerja untuk seseorang seperti ini? Kualitas apa yang tidak Anda inginkan dari supervisor?

Kepemimpinan adalah bagian penting dari motivasional fit. Seorang karyawan bisa menjadi hebat dalam tugas pekerjaan, tanggung jawab, dan bahkan menikmati lingkungan kerja mereka, namun jika tidak sesuai dengan gaya kepemimpinan atasan mereka, mereka dapat mengalami ketidakpuasan dalam pekerjaan mereka.

Baca Juga : Gunakan Cara Sederhana ini untuk Menarik Lebih Banyak Pelamar

Pertanyaan mengenai perbandingan pekerjaan sebelumnya dan pekerjaan yang akan dilakukan

Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan seperti : Jelaskan pekerjaan yang Anda lakukan dalam kapasitas yang sama dengan pekerjaan di sini! Apa yang anda sukai tentang itu? Apa yang tidak Anda sukai dari jenis pekerjaan ini?

Pertanyaan ini bisa digunakan setelah anda memberikan deskripsi pekerjaan. Begitu seorang kandidat mengetahui sedikit informasi tentang peran yang mereka lamar, mereka dapat diminta untuk membandingkannya dengan posisi terdahulu. Ketika ditanya tentang posisi sebelumnya, pastikan untuk bertanya kepada mereka apa yang mereka sukai dan yang tidak disukai dan bandingkan dengan apa yang akan mereka lakukan di tempat kerja. Jika mereka mendiskusikan tugas pekerjaan, shift, atau lingkungan kerja tertentu yang mereka sukai dari pekerjaan itu, dimana Anda juga menawarkan hal-hal tersebut, mereka memiliki kecenderungan untuk puas dalam posisi tersebut. Kandidat mungkin memiliki semua persyaratan, pendidikan dan pengalaman yang diinginkan, namun jika mereka tidak memiliki keinginan untuk melakukan pekerjaan yang ditawarkan, kemungkinan besar mereka tidak akan puas dalam peran dan akhirnya pergi.

 

1,070 thoughts on “Ingin Melihat Motivational Fit Pelamar, Coba Ajukan Pertanyaan ini!”