Pastikan Pelamar Terbaik Menerima Penawaran dengan Mengikuti Cara ini

sumber : pixabay.com

Mendapatkan kandidat ideal bukan hal yang mudah. Selain menunggu selama beberapa lama untuk menerima permohonan dari kandidat, anda juga harus menjalani proses seleksi yang cukup panjang. Anda mungkin baru bisa menemukan kandidat yang ideal setelah melakukan wawancara selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Proses seleksi akan membantu anda dalam menemukan kandidat yang sesuai. Sayangnya, beberapa kandidat mungkin melakukan penolakan pada tawaran yang anda berikan. Meski anda meresa telah menemukan kandidat yang cocok, namun kandidat rupanya tidak sejalan dengan anda. Akibatnya, anda harus menjalani proses yang panjang dan melelahkan kembali.

Jika anda ingin kandidat terbaik menerima tawaran pekerjaan dari anda, Anda harus memenangkan hati mereka sebelum meminta mereka untuk melakukan sesuatu. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan:

Temukan cara untuk menarik perhatian mereka

Pada awal setiap wawancara, cobalah untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang kepribadian kandidat sebelum memberikan rincian lebih lanjut tentang kesempatan yang ada. Cari tahu mengapa kandidat mengejar karir sehingga anda dapat mempelajari apa yang paling mereka sukai dari posisi yang anda tawarkan.

Saat giliran anda untuk mulai memberi penjelasan, sesuaikan informasi mengenai posisi dengan hal-hal yang paling sesuai dengan kandidat. Misalnya, jika anda mengetahui bahwa kandidat menyukai jaringan dan tim anda sering menghadiri konferensi, maka hubungkan kedua titik ini. Tekankan kelebihan dari tawaran anda dengan mempertimbangkan keinginan kandidat sehingga kandidat memahami mengapa tawaran anda menjadi posisi ideal bagi mereka. Sebaliknya, jika perilaku serta nilai kandidat tidak sesuai dengan perusahaan anda, maka anda harus menerima bahwa mereka tidak sesuai dengan posisi tersebut.

Lihat perusahaan lain yang mereka lamar

Pencari kerja yang paling diminati memiliki berbagai pilihan pekerjaan. Anda bisa bertanya kepada mereka tentang perusahaan lain yang mereka lamar. Begitu anda tahu siapa pesaing anda, anda bisa mengevaluasi proposisi nilai karyawan mereka, budaya perusahaan dan sebagainya, kemudian anda bisa menentukan apa yang membuat perusahaan anda lebih baik atau berbeda. Tekankan perbedaan ini pada kandidat sehingga mereka mengerti mengapa mereka harus memilih bekerja dengan anda.

Belajar tentang perusahaan lain yang diminati kandidat juga bisa mengungkapkan lebih banyak tentang apa yang mereka cari dalam perusahaan. Misalnya, jika semua pengusaha potensial mereka adalah perusahaan rintisan kecil, kandidat lebih memilih bekerja untuk sebuah organisasi kecil yang ketat dimana mereka dapat memainkan peran utama. Anda bisa menggunakan informasi seperti ini untuk keuntungan anda dalam wawancara.

Temukan cara untuk terhubung secara emosional

Jika perusahaan anda tidak mampu mengalahkan pesaing berdasarkan kompensasi atau fasilitas, anda masih dapat memenangkan hati kandidat dengan memanfaatkan kekuatan koneksi emosional. Pastikan bahwa perekrut dan / atau eksekutif yang bertemu dengan pelamar anda jujur dan punya banyak waktu untuk wawancara. Juga berikan kandidat anda tur ke tempat kerja, perkenalkan mereka ke karyawan terbaik anda dan bagikan kisah perusahaan yang merupakan cerminan positif perusahaan anda. Praktik-praktik sederhana ini dapat menumbuhkan minat serta membuat kandidat merasa lebih nyaman di tempat kerja anda.

Anda juga perlu mempertahankan komunikasi yang jelas, konsisten dan berarti dengan kandidat selama proses rekrutmen. Dengan menjaga calon kandidat dan bersikap transparan mengenai proses seleksi, kandidat anda akan memiliki pengalaman yang lebih baik dan cenderung menerima tawaran Anda.

Sampaikan Penawaran Pribadi

Setelah anda siap menunjukkan tawaran, mintalah kandidat terpilih untuk bertemu di tempat kerja anda untuk terakhir kalinya. Kemudian, sebelum anda mempresentasikan penawaran itu, beri kesempatan kepada kandidat untuk mengajukan pertanyaan lagi. Ada kemungkinan bahwa kandidat telah mempertimbangkan kesempatan ini, jadi mereka mungkin memiliki beberapa pertanyaan baru mengenai posisi tersebut.

Baca Juga Tips Merancang Sistem Seleksi yang Efektif

Anda selanjutnya bisa menunjukkan tawaran itu dengan antusias dan tulus. Jelaskan mengapa Anda yakin kandidat tersebut cocok untuk tim anda.  Dengan menerapkan praktik sederhana ini, anda dapat lebih menarik bagi kandidat yang paling berkualitas sehingga mereka berkeinginan untuk berkomitmen pada perusahaan anda.

 

2,666 thoughts on “Pastikan Pelamar Terbaik Menerima Penawaran dengan Mengikuti Cara ini”